Bupati Ende: Komitmen Bersama Peduli Perokok Pasif “Hari Tanpa Tembakau Se-Dunia”

Bebas dari polusi udara adalah impian setiap orang yang bernyawa. Salah satu implementasinya adalah udara bebas dari asap rokok. Tidak perlu ditanya lagi apa efek rokok bagi ekonomi, kesehatan, dan sosial. Telah banyak penelitian yang mengangkat topik tersebut dan sudah banyak warga Indonesia yang mulai sadar terhadap dampak negatif rokok dan asapnya.

Kita semua tahu bahwa perokok memiliki resiko tinggi mengidap berbagai penyakit yang diakibatkan rokok. Namun, yang lebih menghawatirkan adalah orang yang berada di sekitar perokok yang menghisap asap rokok (baca: prokok pasif).  Memang benar, perokok pasif tidak mengeluarkan uang untuk menghisap asap rokok, mereka secara Cuma-Cuma menghirup asap rokok beracun itu. Tapi tahukan anda bahwa mereka, perokok pasif, memiliki resiko lebih tinggi dari perokok aktif dalam kaitannya menderita penyakit yang akan menyerang perokok pasif.

Mereka, perokok pasif, beresiko 4 kali lebih besar mendapatkan serangan jantung, beresiko 14 kali lebih besar menderita kanker paru, kanker mulut, dan kanker tenggorokan. Wanita hamil yang menghisap asap rokok berpotensi melahirkan bayi prematur, berat badan lahir rendah, dan kematian bayi. Asap rokok memiliki 2 kali konsentrasi nikotin dan tar, 3 kali jumlah zat karsinogenik, 5 kali kadar karbonmonoksida dan 50 kali jumlah amonia pada rokok (BPOM RI).

Kita harus tahu bahwa 85% orang Indonesia terpapar asap rokok di dalam rumah, 78% di tempat makan, dan 75% di tempat kerja (KEMKES). Beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerbitkan iklan layanan masyarakat yang secara khusus diciptakan dalam rangka menekan angka perokok aktif dan meningkatkan kepedulian terhadap perokok pasif.

Menjawab tantangan dan mendukung program Kementerian Kesehatan RI, Bupati Kabupaten Ende (Ir. Marcelinus Y.W. Pettu) menandatangani Spanduk Komitmen Peduli Perokok Pasif. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu, 30 Mei 2015 dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan menyongsong Hari Tanpa Tembakau Se-Dunia 31 Mei 2015. Kegiatan ini diinisiasi oleh Pencerah Nusantara Pulau Ende bekerjasama dengan kegiatan BBGRM Kab. Ende dengan dihadiri oleh seluruh camat & SKPD di Kab. Ende. Prosesi tersebut berlangsung di Pulau Ende, yang merupakan satu-satunya wilayah kecamatan di Nusa Tenggara Timur yang memiliki peraturan SK Camat tentang Kawasan Tanpa Rokok. Tidak hanya Bupati, ikut serta dalam penandatanganan tersebut adalah Wakil Bupati Ende (Drs. H. Djafar, M.M.) , Anggota DPRD Kabupaten Ende (Hamsi Said, S.Pd.), Camat Pulau Ende (Usman Husen, SH.), dan perwakilan tokok pemuda, tokoh wanita, serta masyarakat umum yang memiliki kepedulian terhadap perokok pasif.

Jpeg

Bupati Kab. Ende Menandatangani Komitmen Peduli Perokok Pasif

Jpeg

Anggota DPRD Menandatangani Komitmen Peduli Perokok Pasif

Jpeg

Camat Pulau Ende Menandatangani Komitmen Peduli Perokok Pasif

Penandatangan ini secara otomatis diikuti oleh kompensasinya berupa menghargai perokok pasif dengan tidak merokok sembarangan yang menyebabkan orang lain menghirup asap rokok perokok aktif. Seperti yang telah dimulai di Pulau Ende, perokok aktif tidak diperbolehkan merokok di tempat-tempat umum seperti, sekolah, puskesmas, pustu, masjid, mushala, kapal motor, posyandu, tempat hajatan, tempat anak bermain, dan di rumah terutama dekat anak-anak dan ibu hamil.

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan pameran poster peduli perokok pasif, dan dokumentasi kegiatan implementasi KTR di Pulau Ende. Prosesi ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan animo pemerintah dan masyarakat untuk Peduli Perokok Pasif yang selama ini menjadi korban takbersalah dari perokok aktif. Harapannya semoga masyarakat Indonesia, pada khususnya masyarakat Ende & Pulau Ende semakin sadar bahwa merokok adalah sesuatu yang penuh kemudharatan dan pastinya perokok aktif semakin bijak dalam berperilaku (baca: merokok).

7 KTR Map copy

Adzkarul Khaq (MS) ][ Pencerah Nusantara Pulau Ende.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s